Bisnis Jualan Ikan Asin Raup Keuntungan Besar, Bagini Caranya

Ikan asin merupakan salah satu komoditi nggulan yang ada di tanah air, apalagi dengan kondisi geografis yang cocok dan mendukung untuk menjalankan ushaa ikan asin.

Bisnis jualan ikan asin adalah salah satu usaha yang laris di pasar tradisional dan memiliki banyak peluang untuk meraup keuntungan yang banyak.

Apabila anda mampu memanajemen sebuah usaha khususnya jualan ikan asin dengan benar maka untuk mencapai kesuksesan merupakan hal yang mudah di dapatkan.

Bisnis Jualan Ikan Asin Raup Keuntungan Besar, Bagini Caranya

Sebelum memulai bisnis jualan ikan asin terdapat beberapa tahapan strategi agar sukses, berikut ini merupakan tipsnya.


Peluang Usaha Ikan Asin dan Analisa Usahanya


1. Pemilihan Lokasi Usaha

Dalam menjalankan Bisnis ikan asin bisa di lakukan pemilihan tempat di berbagai tipe lokasi, contohnya:

  • Berjualan ikan asin di pasar tradisional.
  • Berjualan ikan asin secara keliling dan di jual dengan kemasan yang menarik.

Salah satu kelemahan berjualan ikan asin adalah anda harus menjaga kondisi udara tempat ikan asin, karna jika hal ini di abaikan maka rasa ikan asin akan berubah tidak enak dan cepat membusuk.

Apabila tempat ikan asin terlalu lembab maka yang akan terjadi adalah cepat membusuk dan jamur akan tumbuh dengan cepat.

Sebaliknya jika di tempatkan pada wadah yang terlalu panas maka ikan asin berubah menjadi kering dan bobot ikan akan menurun.

Selain menurunkan bobot ikan, tempat yang panas juga mampu merubah warna pada ikan asin dan alhasil orang akan beranggapan jika ikan tersebut sudah lama atau tidak segar lagi.

Selain menjaga kondisi suhu udara, anda juga wajib menentukan berapa jumlah ikan asin yang akan anda beli untuk di jual kembali.

Apabila ikan asin yang anda miliki tidak terlalu banyak maka anda tidak perlu mempersiapkan tempat terlalu mendetil, hal yang cukup dilakukan adalah setinglah agar tempat berjualan ikan asin memiliki kelembaban yang sedang.

Jika anda ingin membuka usaha jualan ikan asin skala besar maka saran saya sediakan lemari es khusus untuk menyimpan ikan asin, hal ini di lakukan agar ikanya tidak cepat membusuk.

Besarnya lemari es tergantung pada seberapa banyak belanjaan ikan asin yang di beli, lemari es jug aberfungsi untuk menhambat proses pembusukan.


2. Cara tepat dalam memilih ikan asin yang berkualitas.

Di masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan ikan asin, terlebih makanan ini sering di sajikan untuk pelengkapp hidangan di rumah.

Banyak yang senang mengkonsumsi ikan asin, mulai dari masyarakat biasa hngga kalangan atas. Jadi bisa di katakana jika ikan asin merupakan makanan semua kalangan.

Sering kali konsumen mengeluh dengan adanya khualitas hasil pengolahan ikan asin yang kurang enak, lalu apa saja yang menjadi faktor rasa enak dari ikan asin?

Untuk mengetahui enak tidaknya ikan asin terletak pada seberapa besar kandungan garam yang ada pada ikan.

Di bawah ini saya akan terangkan bagaimana cara meilih jenis ikan asin yang berkhualitas serta enak di konsumsi.

#1. Cara termudah untuk mengetahui seberapa besar kandungan garam yag ada dalam ikan asin adalah dengan mencobanya secara langsung, yups dengan di jilat secara langsung.

Mungkin kedengaranya aneh, namun anda tidak perlu khawatir, karna ikan asin merupakan olahan yang sudah di sterilkan dan aman.

#2. Jika anda tidak berani untuk mencoba ikan asin secara langsung, ada acara lain yang bisa di gunakan untuk mengetahui kadar garam pada ikan asin.

Caranya adalah dengan melihatnya secara mendetail serta memegangnya langsung, anda bisa membedakan antara ikan asin yang memiliki kandungan garam tinggi dan tidak.

Bisa anda lihat langsung lewat warna pada ikan tersebut, biasanya ikan akan memiliki warna agak putuh garam, dan rasa garam yang tinggi juga dapat di rasakan pada telapak tangan, ada seperti serbuk butiran halus garam yang sangat terasa.

#3. ikan asin yang emiliki kadar garam tinggi juga cenderung memiliki tekstur tubuh yang lengket dan beda dengan biasanya.

#4. jika ikan asin memiliki kadar garam rendah maka akan terlihat pada warna yang mencolok yaitu daging ikan berwarna coklat segar.


3. Menentukan jumlah pembelian ikan asin

Tips ampuh saat berbelanja ikan asin agar mendapatkan harga yang relative murah adalah dengan pembelian setiap jenis ikan, bisa per dus atau perkarton sesuai kebutuhan untuk di jual lagi.

Jangan lupa untuk mengecek kemasan ikan asin yang anda beli, bisa di lihat di bagian atas, bawah, tengah, dan samping kardus.

Tujuan di lakukanya pengecekan adalah untuk mengetahui khualitas ikan dalam sebuah kemasan yang sama.

Tidak jarang banyak konsumen yang mendapatkan barang jelek atau kurang khualitasnya, ini semua di sebabkan banyak penjual yang mencampurkan antara yang bagus dan jelek pada sebuah kemasan.

Inilah fungsi dari pengecekan kardus ikan asin yang akan anda beli.

Perhatian : “Harga ikan asin akan berbeda (lebih mahal) jika anda membelinya dengan menimbangnya perkilo dari setiap jenis ikan”.


4. Harga jual yang kompetetif ( relatif terjangkau)

Perlu anda ketahui jika berjuaan ikan asin tidak memiliki patokan harga yang pasti, bisa di katakana harga yang ada pada ikan asin masih gelap atau tidak transparan.

Di dalam menentukan harga jual, anda tidak boleh sembarangan untuk memberikan harga yang terlalu mahal karna akan berakibat pada penilaian pembeli.

Menentukan harga jual juga berpengaruh pada persaingan antar pedagang, jangan sampai anda menjual ikan asin terlalu mahal karna bisa saja pesaing anda memberikan harga lebih murah.

terdapat 2 pilihan cara dalam menentukan harga ikan asin:

  1. Harga jual grosir (per Kilogram).
  2. Harga jual untuk di ecer (dibawah timbangan per Kilogram).


Harga jual grosir.
Umumnya harga grosir di berikan pada konsumen yang membeli sebuah barang dengan jumlah yang banyak.

untuk harga grosir pada ikan asin anda bisa menawarkan dengan cara patokan tertentu, misalnya jika ada orang yang membeli dengan jumlah tertentu maka bisa memberikan diskon harga yang lebih murah.

Umumnya kita mengambil keuntungan dari jualan ikan asin adalah 5.000 sampai 15.000 per kilogramnya.

Nilai tersebut umum berada di pasaran, karna sudah menyesuaikan dengan kemampuan konsumen untuk membelinya.

Ada trik untuk meningkatkan daya jual pada ikan asin, yaitu dengan cara berbelanja ikan asin yang memiliki tampilan cerah serta khualitas yang bagus.

Tak jarang ada ikan asin yang harganya murah naum khualitas bagus, tapi jumlah atau stoknya sangat kecil (terbatas).

Apabila kita menemukan harga murah namun khualitas bagus di supliyer maka bisa menjualnya dengan harga terjangkau serta mendapatkan keuntungan yang besar.

Harga jual Ecer.
Berbeda halnya dengan berjualan menggunakan harga grosir yang memberikan kelebihan untuk harga yag lebih murah namun harus membeli dalam jumlah tertentu.

Untuk harga eceran itu kita di berikan ebih mahal, namun ada kelebihanya yaitu bisa membeli dengan julah kecil atau tidak di batasi minimal pebelian.

Di bawah ini merupakan ilustrasi dari pemberian harga eceran.

  • Apabila harga untuk perkilo itu 10.000 IDR, maka harga untu 1/4 Kg adalah 3.500 IDR s/d 4.000 IDR.
  • Selain itu juga dapat memberikan harga /ons, karena terdapat beberapa pembeli yang senang membeli ikan asin dengan harga perons, jika harga 1/4 adalah 4.000 IDR, maka harga per onsnya adalah 2.000 IDR.


5. Cara menimbang saat berjualan

Selain faktor penentu keuksesan berjualan ikan asin di atas, ada pula beberapa hal yang berpengaruh yaitu proses penimbangan ikan asin yang benar.

Perlu anda ketahui bahwa proses menimbang ikan asin berbeda dengan barang lainya, kenapa demikian ?

Hal ini di sebabkan saat anda berbelanja ikan asin menggunakan timbangan yang pas, tanpa ada tammbahan lainya.

Hal ini perlu di perhatikan saat anda ingin menjual kembali ikan asin tersebut, karna lebih sedikit saja akan berpotensi besar mengalami kerugian.

Untuk mendapatkan timbangan yang sesuai saran saya menggunakan jenis digital, karna jenis tersebut sudah akurat dan tepat.

Proses penimbangan yang pas sangat di perhitungkan, karna harga ikan asin yang kita ketahui /Kilogramnya cukup lumayan mahal, jika salah dalam menimbang, maka kita akan kehilangan uang yang cukup besar.

Sekian dari saya pembahasan kali ini mengenai cara mudah memulai bisnis jualan ikan asin raup keuntungan besar. Jika ada yang perlu di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

-->

0 Response to "Bisnis Jualan Ikan Asin Raup Keuntungan Besar, Bagini Caranya"

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya, Jangan Lupa Pantau Terus Perkembangan Blog agar tau perembangan informasi terkini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel