6 Sumber Peluang Usaha yang Potensial Dan Cara Mengembangkannya Dengan Benar

Jenis - jenis sumber peluang usaha (Opportunity) yang potensial bisa kita lihat dan amati di sekeliling kita jika anda jelih dan pintar. Namun terkadang banyak orang yang belum menyadari hal ini, padahal apabila kita mampu memaksimalkanya akan menjadi jalan kesuksesan bagi kita.

Umumnya banyak cara untuk melihat sebuah sumber peluang usaha mulai dari pendapat teman, guru, sampai pengalaman yang kita miliki. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi sumber peluang usaha, antara lain:

1. Faktor internal.
Faktor internal merupakan salah satu penyebab yang muncul dari dalam sebuah permasalahan diri seseorang. Ada beberapa faktor yang memicu munculnya faktor internal, seperti:
  • Pengetahuan atau ilmu.
  • Sebuah pengalaman yang di dapatkan selama ini.
  • Pengalaman yang dimiliki oleh orang lain.
  • Intuisi atau berasal dari pemikiran diri sendiri.


2. Faktor ekstenal.
Eksternal lawan kata dari nternal yaitu faktor yang di pengaruhi dari luar lingkungan.
Umumnya tercipta karna terinspirasi dari ide yang dimiliki oleh orang lain, ciri-cirinya adalah:
  • Sebuah permasalahan yang sedang dihadapi seseorang.
  • Masaah yang sering muncul dalam keseharian dan di hadapi.
  • Sebuah kebutuhan yang belum mampu di penuhi oleh diri sendiri atau orang lain.
  • Pemikiran untuk membuat hal yang baru

Seseorang mampu menemukan sumber ide peluang usaha karna di dasari oleh 2 faktor tersebut yaitu internal dan eksternal. Pada faktor internal memiliki makna sebagai subjek dan faktor eksternal berfungsi sebagai objek.

Kesulitan yang akan di hadapi setelah menemukan kunci dari sebuah peluang usaha adalah memikirkan apakah ide tersebut layak di jalankan dan menghasilkan. Untuk mengembangkan sebuah bisnis agar lebih maju dan sukses maka harus melakukan berbagai strategi seperti:
  • Melakukan sebuah Inovasi dan kreativitas.
  • Membuat sebuah masalah menjadi tantangan yang wajib di hadapi dan diselesaikan dengan baik.
  • Menciptakan pasar dengan penemuan ide yang lebih baru.

Bukan hanya strategi di atas saja yang harus di persiapkan dalam membangun sebuah ide usaha, namun kita juga harus mempertimbangkan sebuah resiko yang akan di hadapi. Yang harus kita pertimbangkan sebelum membangun sebuah usaha adalah sebagai berikut:
  • Menghindari sebuah resiko dengan rancangan strategi yang proaktif.
  • Menularkan resiko pada resiko yang paling mungkin terjadi.
  • Merealisasikan resiko pada hal yang mendatangkan nilai atau manfaat.

Ada beberapa jenis resiko yang perlu anda evaluasi, seperti:
  • Resiko persaingan sangat berpengaruh pada bisnis yang anda jalankan karna hal ini terjadi akibat ketidakpastian pasar.
  • Resiko financial yang biasanya menyerang pada tingginya biaya serta penjualan sebuah produk.
  • Resiko teknis seperti pemasaran yang tidak akurat, hal ini seringkali terjadi pada pebisnis yang kurang cermat.

Untuk mengetahui apakah sumber ide peluang usaha tersebut layak untuk di jalankan bisa melihat beberapa ciri - ciri, seperti:

  • Mampu memenuhi kebutuhan pasar yang ada.
  • Produk yang diciptakan memiliki keunggulan tersendiri dari kompetitor.
  • Bisa bertahan lama di pasaran.
  • Memiliki nilai jual.
  • Bisa memberikan solusi yang belum bisa di selesaikan oleh konsumen.

Jenis - Jenis Sumber Peluang Usaha Dan Cara Mengembangkannya

Belum tentu semua orang tahu dimana saja kita dapat menemukan ides umber peluang usaha yang bagus untuk di kembangkan dalam jangka panjang. Kita tahu sebuah usaha tanpa adanya perencanaan maka akan berantakan, lalu seperti apa sumber peluang usaha yang bisa kita temui?

jelaskan asal dari peluang usaha

1. Peluang yang muncul dari diri kita sendiri.

Salah satu yang banyak di temui di kalangan pengusaha jika kita bertanya mengenai ide sumber peluang maka kebanyakan dari mereka menemukanya lewat diri sendiri. Dengan catatan peka terhadap kondisi lingkungan serta permasalahan yang sedang terjadi.

Tidak sedikit orang yang masih kesulitan mencari ide usaha, termasuk mencarinya dalam pikiran diri sendiri. Umumnya dari mereka sudah merasa takut terlebih dahulu sebelum memulainya.

Para pengusaha lebih berhati hati sebelum merealisasikan ide karna beberapa hal seperti takut kegagalan. Inti dari seorang pengusaha adalah berani mengambil sebuah resiko, maka dari itu jika anda sudah terjun ke dunia bisnis maka harus mampu menanggung semua resiko yang akan terjadi.

Untuk memperoleh peluang usaha yang potensial dari diri sendiri dapat diperoleh dari :
Beberapa cara orang dalam menemukan sumber peluang usaha yang tercipta dadi diri masing-masing seperti:

A. Hobi
Jangan remehkan hobi yang sedang anda jalankan, karna dari sebuah hobi tersebut bisa menciptakan sebuah peluang usaha yang potensial mengapa demikian. Umumnya orang yang menjalankan sebuah usaha yang di landasi dengan hobi maka akan lancar karna mereka akan mengerjakan perkerjaan tersebut dengan ikhlas dan rasa senang.

B. Keahlian
Menjalankan sebuah bisnis yang berlandaskan dengan skil atau ketrampilan maka akan berjalan dengan baik. Maksimalkan ketrampilan atau skill yang anda miliki untuk mengembangkan usaha anda.

C. Pengetahuan
Mendapatkan sumber ide peluang usaha juga bisa di dapatkan dari pengetahuan yang kita miliki. Cara ini sangat potensial untuk di kembangkan, karna pastinya ita sudah tau celah untuk mengembangkan sebuah bisnis.

2. Sumber ide peluang usaha dari lingkungan sekitar

Tidak jarang orang yang kesulitan membangun sebuah usaha karna kurangnya ide yang dimiliki serta ketrampilan yang kurang memadahi. Sebenarnya banyak sumber pelung usaha yang bisa di temukan salah satunya adalah di lingkungan sekitar.

Pusat sumber ide peluang usaha yang bisa di dapatkan adalah dari obrolan dengan teman, permasalahan yang terjadi di daerah sekitar, saat anda berkunjung di tempat lain, dan masih banyak lagi.

3. Sumber peluang usaha dari perubahan yang terjadi

Seseorang yang kreatif dan peka maka bisa menemukan sumber  peluang usaha dari mana saja, termasuk dari perubahan yang terjadi. Perubahan yang seperti apakah?

Ada berbagai perubahan yang bisa kita amati seperti peraturan pemerintah, pergantian musim ataupun perkembangan gaya hidup.  Dengan kreativitas yang kita miliki bisa merubahnya dengan berbagai ide peluang usaha yang bisa di ciptakan untuk mendapatkan banyak keuntungan.

4. Peluang usaha dari informasi

Saat ini kita hidup di era perkembangan teknologi yang semakin maju, bukan hanya itu kemudahan informasi yan bisa kita dapatkan mampu menjadi sumber ide peluang usaha yang potensial.

Salah satu informasi yang bisa kita dapatkan untuk di jadikan referensi sumber peluang usaha adalah koran, majalah, televisi dan internet.

Akan tetapi tidak semua informasi tersebut bisa kita jadikan sebuah patokan, namun harus di pilah terlebih dahulu karna tidak jarang banyak berita yang kurang valid atau terpercaya.

5. Peluang dari pendapat konsumen

Apakah bisa sumber peluang usaha tercipta dari pendapat konsumen? Bisa saja terjadi, karna dari situ kita mendapatkan berbagai ide dan insight terbaru mengenai usaha apa yang bisa di kreasikan atau di kembangkan agar lebih maju. Lalu seperti apa pendapat konsumen yang bisa di jadikan ide usaha.

  • Kritik dan saran dari konsumen yang datang.
  • Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen.
  • Khayalan dari impian konsumen mengenai produk atau jasa tertentu.

6. Peluang dari gagasan atau pendapat orang lain

Sebuah gagasan atau pendapat orang lain yang baru bisa menciptakan sebuah ide peluang usaha yang bisa di terapkan.

Contoh : keluarga anda menyarankan untuk mengolah berbagai macam limbah yang ada di rumah menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik serta memiliki nilai jual. Ide tersebut bisa anda terapkan dengan mudah di rumah dengan bantuan keluarga atau teman dekat.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan ke anda, semoga artikel yang saya tulis mengenai 6 sumber peluang usaha yang potensial mampu menjadi referensi anda. Apabila ada pertanyaan terkait tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih.

-->

0 Response to "6 Sumber Peluang Usaha yang Potensial Dan Cara Mengembangkannya Dengan Benar"

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya, Jangan Lupa Pantau Terus Perkembangan Blog agar tau perembangan informasi terkini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel