17 Ide Usaha Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan

| |

Usaha kerajinan tangan masih menaruh potensi yang besar untuk dioptimalkan.

Selain itu bisnis ini sangat menguntungkan dan laris manis sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba menuangkan kreativitas dengan usaha kerajinan tangan.

Kerajinan tangan merupakan usaha yang unik, menarik dan mempunyai harga relatif murah. Pembuatan dari produk kerajinan yang memiliki beragam jenisnya sangatlah mudah di Indonesia.

Dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah serta kreatifitas dari pengrajin barang yang bagus.

Bahan yang digunakan pada kerajinan tangan sangatlah beragam, mulai dari bahan bekas, sampai bahan dari alam yang bisa anda jumpai disekeliling rumah anda.

Tidak perlu khawatir dengan pemasarkan produk yang anda buat, karena zaman modern seperti sekarang sudah banyak media pemasaran untuk barang-barang yang anda buat.

17 Ide Usaha Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan

Cara memasarkan produk dari usaha kerajinan tangan adalah dengan menjualnya ke daerah tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Selain itu ada pula cara pemasaran produk melalui toko online atau marketplace, selain mudah dalam pemasaran di toko online juga lebih simpel dan hemat waktu.

Disamping memiliki potensi keuntungan yang besar, bisnis ini juga cocok untuk di jadikan usaha ibu rumah tangga dengan modal di bawah 1 juta.

17 Contoh Usaha Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Menguntungkan

Di bawah ini saya akan menjelaskan secara lengkap contoh usaha kerajinan tangan yang bisa dijadikan pekerjaan tetap. Simak baik-baik ya.

1. Usaha Kerajinan Tangan dari Bambu

Mungkin di sekitar daerah tinggal anda yang berada di tempat pedesaan gampang ditemui pohon bambu. Banyak sekali manfaat yang didapat dari pohon bambu, salah satunya dibuat menjadi kerajinan tangan yang bagus.

Pembuatan kerajinan tangan olahan dari bahan bambu lumyan mudah pada proses pembuatanya. Salah satu contoh hasil dari kerajinan tangan berbahan dasar bambu adalah anyaman, tikar, meja, kursi, rak piring, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dijadikan kerajinan tangan, bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai untuk dijadikan olahan makanan.

Untuk pengolahan akananya sendiri menggunakan bambu yang masih muda, kalau di desa biasanya disebut dengan rebung.

2. Bisnis Kerajinan Tangan dari Kertas Maupun Kardus Bekas

Apabila dirumah anda terdapat kardus maupun kertas bekas yang tidak dipakai lagi, jangan langsung membuangnya. Karena bahan-bahan tersebut dapat dijadikan kreasi kerajinan yang kreatif dan bisa dijual kembali.

Pada proses pembuatan kerajinan tangan dari kertas atau kardus bekas sangatlah gampang. Banyak sekali ragam kerajinan tangan dari kardus dan kertas bekas.

Contohnya : wadah atau daerah minuman, wadah atau daerah makanan ringan snack, robot-robotan dari kardus, kamera dari bahan kardus, daerah penyimpanan buku, ornamen lampu dari kertas dan kardus dan masih banyak lagi.

Anda bisa berkreasi sendiri untuk mengembangkan olahan barang bekas tersebut menjadi bernilai tinggi.

3. Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Aqua Plastik 

Kadang seseorang tidak bisa memanfaatkan barang bekas disekelilingnya menjadi barang yang bermanfaat. Salah satu contoh barang bekas yang dapat dijadikan kreasi usaha kerajinan tangan adalah botol aqua plastic yang sudah tidak dipakai.

Banyak sekali macam-macam olahan barang bekas tersebut.

Contohnya : pot bunga, vas bunga menawan dan unik, wadah bumbu dan rempah yang betul-betul unik dan menarik, corong bensin, dan masih banyak lagi.

Manfaatkanlah barang yang sudah tidak dipakai disekeliling anda, karena masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan apabila anda kreatif.

4. Usaha Kerajinan Kain Flanel

Salah satu bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan, laris pembeli dan gampang dilakukan yaitu usaha kerajinan tangan kain flanel. Banyak pengrajin kain flanel yang kaya raya dari bisnis ini.

Penghasilan yang ereka dapatkan sampai jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah perbulan. Adapun model usaha kerajinan kain flanel yaitu boneka, bendera merah putih, umbul-umbul untuk peringatan 17 Agustusan dan lain-lain.

5. Usaha Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Koran ialah salah satu sarana untuk mencari berita terbaru. Seiring dengan kemajuan teknologi dunia maya, sekarang mencari dan menggali berita dapat lewat media online. Seperti web berita online. Akan tetapi, adanya koran masih konsisten dibutuhkan.

Sehingga masih mudah kita jumpai banyak kalangan abonemen koran. Semakin hari Koran bekas bertumpuk semakin banyak.

Namun jika anda dapat melihat peluang usaha dari Koran bekas sebenarnya sangat banyak.

Salah satu contoh dalam memanfaatkan sampah koran bekas yaitu menjadikannnya sebuah kerajinan tangan unik dan menarik dari koran bekas.

Hasil dari kerajinan tangan dari koran bekas yaitu ransel menawan dari koran bekas, bunga kertas, vas bunga, dan lainnya.

6. Usaha Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Stik es krim merupakan barang yang sudah lumrah kita jumpai setiap harinya. Benda ini kerap kali anda jumpai dalam tempat es krim yang berfungsi sebagai pegangan es.

Untuk harga dari stik es krim tergolong sangat murah yakni sebesar Rp 70 per buah.

Apabila anda suka mengkonsumsi es krim pastinya akan membeli es krim stik dalam jumlah banyak. Kemudian stik es krim pasti dibuang.

Nah daripada anda membuang stik es, barang ini dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi dan menguntungkan serta bisa laku keras.

Berikut ini model kerajinan tangan dari stik es krim yakni rumah-rumahan, bunga, perahu, wadah pensil, pesawat unik, wadah tisu dan sebagainya.

7. Usaha Kerajinan Tangan dari Sedotan

Anda tentu telah tahu apa itu sedotan? Alat ini kerap kali dipakai orang untuk minum es. Walaupun dari sedotan dapat dijadikan beragam kerajinan tangan unik dan menarik yang pastinya laris manis kalau dipasarkan.

Berikut ini model kerajinan tangan dari sedotan plastik, yakni ikan lucu, bunga unik, kalung menawan, dan kerajinan keren lainnya.

8. Usaha Kerajinan Tangan dari Tali Sepatu

Tali sepatu sudah pasti kita jumpai, fungsinya sendiri adalah sebagai pengikat sepatu. Sering sekali apabila sepatu mengalami kerusakan maka sepatu dibuang. Namun masih terdapat barang yang bisa dimanfaatkan apabila sepatu anda rusak, barang tersebut yaitu tali sepatu.

Apabila sepatu anda sudah rusak, ambilah talinya dan bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Salah satu contoh hasil dari kerajinan adalah kalung cantik dari tali sepatu.

9. Kerajinan Tangan dari Bungkus Plastik Kopi atau Rinso

Di tiap rumah mudah sekali ditemukan beragam limbah bungkus detergen atau kopi setiap hari.

Jika anda menemukan bungkus plastik ini saya sarankan untuk memanfaatkanya sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Berbagai macam model hasil dari olahan limbah plastic rumahan bisa anda buat, salah satu contohnya adalah tikar unik, ransel keren, dan masih banyak lagi.

10. Bisnis Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Usaha kerajinan tangan ini layak dilakukan oleh seorang pengusaha yang menekuni bisnis jualan es kelapa muda. Kelapa tentu menjadi limbah dari usaha es kelapa muda.

Anda bisa memanfaatkan limbah dari batok kelapa, dari pada anda membuangnya lebih baik menjadikanya kreasi kerajinan yang dapat menghasilkan uang.

Untuk mengolah limbah batok kelapa caranya potong kotak kecil-kecil tempurung kelapa. Lalu ampelas sampai halus. Kemudian rangkaikan memakai tali menyerupai kalung unik dan keren.

11. Usaha Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas

Dalam pembelian susu kaleng seringkali saat susu habis menghasilkan limbah kaleng-kaleng bekas yang bisa merusak lingkungan.

Daripada membuang kaleng bekas, lebih baik anda memanfaatkanya sebagai kerajinan tangan.

Disamping meningkatkan kreativitas anda, hasilnya pun bisa menghasilkan uang. Untuk mengolah limbah kaleng menjadi kerajinan usaha sangatlah mudah.

Contoh hasil olahan dari kaleng bekas yakni pot bunga, wadah pensil menawan dan sebagmasih banyak lagi.

12. Olahan dari limbah Bungkus Rokok

Pada saat itu saya berkunjung ke rumah sanak saudara. Banyak sekali tertempel di dinding rumahnya, terdapat hiasan ornamen dinding rumah yang menawan dan unik terbuat dari potongan puluhan bungkus rokok.

Ini merupakan hasil kreasi yang sangat kreatif dan bisa anda tiru. Anda dapat berkreasi sendiri enciptakan kerajinan tangan dari bungkus rokok. Contoh hasil kerajinanya seperti ornamen menawan, mainan anak, dan lain sebagainya.

13. Olahan dari Eceng Gondok

Awalnya tak percaya dengan tumbuhan eceng gondok yang bisa diubah menjadi barang kerajinan tangan yang unik dan menarik. Akan tetapi sesudah memandangnya saya baru percaya.

Ada banyak kerajinan tangan yang dapat dijadikan hiasan dari olahan eceng gondok. Contoh hasil olahanya seperti kendaraan beroda empat mobilan-mobilan.

Salah satu pengrajin dapat menjadikan uang ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis jualan kerajinan tangan dari eceng gondok.

Tunggu apalagi manfaatkan limbah yang ada disekeliling lingkungan anda untuk dijadikan lading bisnis baru.

14. Usaha Kerajinan Tangan dari Daun

Daun ialah hal yang telah kerap kali kita jumpai pada sebuah tanaman. Apakah anda tahu kalau daun dapat diubah menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang menawan dan keren.

Contoh hasil olahan seperti ornamen penghias dinding ruangan. Salah satu pengrajin kerajinan tangan dari daun mendapatkan profit bersih puluhan juta rupiah perbulan.

Kesempatan bisnis kerajinan tangan model ini sangat menguntungkan, laris dan gampang. Untuk itu usaha kerajinan dari daun dapat menjadi alternatif yang ideal untuk anda yang bingung mencari ide bisnis.

15. Usaha Kerajinan Tangan dari Biji Tumbuh-Tumbuhan

Suatu hari, ada seseorang yang sedang duduk di sekolah dasar ditugaskan oleh guru mata pembelajaran kesenian dan PKK untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang unik dan menarik. Kemudian anak tersebut mengambil biji-bijian berwarna merah dari sebuah tanaman.

Lalu membentuk dan mengelem pada sebuah kertas menjadi sebuah gambar yang unik dan keren. Lebih indah lagi saat ditempel pada dinding rumah sehingga terlihat menawan. Biji tumbuh-tumbuhan yang dapat dibuat kerajinan tangan seperti biji sawo, dan sebagainya.

16. Kerajinan Tangan Pembuatan Bingkisan

Bisnis yang satu ini memiliki potensi yang baik untuk kesempatan usaha sampingan kerajinan tangan Anda. Dengan jumlah permintaan pembuatan bingkisan ataupun parsel yang tinggi, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Bisnis kerajinan tangan termasuk ke dalam usaha modal kecil. Kuncinya hanyalah kreatifitas, walaupun bahan-bahan yang diperlukan terhitung murah, tapi mempunyai daya nilai jual yang cukup tinggi.

Untuk pemasaran dari hasil kerajinan tangan ini, Anda dapat bekerjasama dengan dengan wedding organiser,dan event organiser. Selain bekerjasama dengan EO anda juga bisa memasarkanya di media social maupun toko online.

17. Kerajinan Tangan Anyaman

Selain kerajinan tangan pembuatan bingkisan, Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan usaha kerajinan tangan berupa anyaman. keduanya juga sama-sama mempunyai atensi jual yang tinggi di Pasaran.

Dengan kerajinan anyaman ini, Anda dapat menghasilkan ransel, tas, taplak, karpet, keranjang dan masih banyak lagi. Untuk pemasaran tergolong mudah, apabila anda ingin menjadi penyuplai barang yang besar Anda dapat mendaftar sebagai Supplier.

Anda juga dapat membangun sebuah brand untuk marketing hasil kreatifitas kerajinan tangan yang diciptakan. Namun untuk hasil karya yang satu ini, Anda perlu pintar dan kreatif dalam mendesain. Agar saat di pasaran hasil karya Anda bisa menarik para konsumen untuk membelinya.

 Akhir-akhir ini banyak kita jumpai produk-produk anyaman di pasaran namun desain yang mereka miliki kurang menarik. Disinilah anda dituntut untuk membuat sebuah desain dari anyaman yang lebih kreatif dan dapat menarik banyak konsumen.

Kesimpulan

Jika anda berniat dan konsisten dalam menjalankan segala usaha, pasti hasilnya akan maksimal.

Selain itu manfaatkanlah limbah yang ada disekitar anda untuk dijadikan kerajinan tangan yang bagus. Karena selain anda membantu dalam mengurangi limbah, anda juga dapat meraup keuntungan yang besar pula.

Sekian dari saya mengenai 17 ide usaha kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan. Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf, jika ada pertanyaan tentang tema diatas silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Previous

A guide to styling and making Dispatch your own

12 Ide Usaha Jajanan Anak Sekolah Murah Meriah Terlaris dan Praktis

Next
Previous

A guide to styling and making Dispatch your own

12 Ide Usaha Jajanan Anak Sekolah Murah Meriah Terlaris dan Praktis

Next

Tinggalkan komentar