17 Ciri Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Mudah Dijalankan

| |

Dalam menjalankan sebuah bisnis akan lebih maksimal jika kita memperhatikan ciri – ciri peluang usaha yang baik agar nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa indikator penting yang harus anda perhatikan sebelum membangun sebuah usaha baru.

Salah satu ciri – ciri peluang usaha yang baik untuk anda jalankan adalah mampu memberikan potensi kesuksesan yang besar serta kembali modalnya cepat.

Selain melihat poin di atas ada juga yang tak kalah penting anda perhatikan dalam membangun bisnis baru yaitu melakukan analisis swot, hal ini wajib di lakukan oleh semua pengusaha baik yang baru maupun sudah lama.

Kumpulan Ciri – Ciri Peluang Usaha yang Cocok untuk di Jalankan Cocok untuk Pemula

Membangun sebuah bisnis bukan perkara yang mudah, terlebih jika kita merupakan orang baru yang mencoba memulai keuntungan dari berbisnis secara mandiri. Ada banyak kendala yang harus di hadapi, mulai dari modal sampai persaingan antara pesaing.

bagaimana ciri-ciri peluang usaha yang baik
bagaimana ciri-ciri peluang usaha yang baik

Namun banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang potensial untuk di jalankan.

Lalu apa saja yang harus kita perhatikan untuk mengetahui ciri-ciri bisnis yang baik untuk di kembangkan, simak penjelasan berikut ini.

1. Produk mempunyai nilai jual yang tinggi.

Sebuah usaha bisa di kategori baik jika memiliki produk dengan nilai jual yang tinggi dan dapat bersaing di pasaran luas.

Salah satu faktor mengapa sebuah produk bisa bernilai tinggi adalah brand yang sudah di kenal masyarakat secara luas dan kualitas produk baik serta unik.

Keunikan produk serta kualitas yang baik menjadi pemicu tingginya harga jual di pasaran, bukan hanya itu ada juga Teknik lain yang dapat di gunakan agar harga produk bisa tinggi nilai jual.

Salah satunya adalah mencoba membangun branding yang kuat, dengan cara endorse artis atau publik figur untuk mempromosikan produk yang anda ciptakan ke masayrakat luas.

Dengan mengiklankan produk anda menggunakan artis terkenal mampu menaikan harga serta menjadi lebih di kenal masyarakat luas.

2. Dikerjakan secara nyata.

Sebuah usaha tanpa adanya realisasi untuk di kerjakan maka akan sia-sia saja.

Percuma saja jika kita sudah membuat sebuah rencana besar dan tertata rapih namun tidak di kerjakan maka akan percuma.

Untuk merealisasikan sebuah rancangan ide sumber peluang usaha yang sudah anda buat harus ada keseriusan serta sikap fokus atau konsisten yang tinggi.

Jika sebuah usaha di kerjakan dengan konsistensi tinggi maka hasil yang akan di dapat akan maksimal.

3. Bukan jenis usaha yang bersifat musiman.

Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang.

Terkadang banyak orang yang tergiur dengan banyaknya usaha yang laris atau trend pada waktu sesaat saja, namun ketahuilah kita berbisnis bukan jangka pendek namun Panjang.

Sebelum memutuskan usaha yang akan kita bangun akan lebih baik jika mempertimbangkan terlebih dahulu jenisnya, apakah bisnis tersebut musiman atau jangka Panjang.

Umumnya usaha yang bersifat musiman sulit untuk mengelolanya dengan baik.

4. Modal.

Modal merupakan aspek penting yang pasti ada di semua jenis usaha, namun ada juga loh usaha tanpa modal yang bisa anda jalankan dengan mudah bahkan di rumah.

Banyak dari kita yang mencoba membangun usaha dari awal mengalami kesulitan dalam hal permodalan.

Hal inilah yang harus menjadi perhatian penting, karena salah satu ciri – ciri peluang usaha yang baik adalah modal yang di keluarkan harus menghasilkan keuntungan yang sebanding atau lebih.

Sebelum mengeluarkan modal cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu bahan apa saja yang harus di beli sebelum memulainya.

5. Usaha yang mampu bertahan dalam jangka Panjang.

Salah satu usaha yang berpotensi sukses adalah mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah usaha mampu bertahan lama di pasaran.

Salah satu faktor tersebut adalah manajemen usaha yang baik serta sistem pemasaran yang tepat.

Banyak usaha yang di awal sudah terkenal dan berhasil namun tidak lama kemudian gulung tikar atau bangkrut gara-gara sistem manajemen yang kurang baik.

6. Mengembangkan bisnis dengan baik.

Salah satu ciri – ciri peluang usaha yang bagus adalah mampu di kembangkan dengan baik dalam skala besar.

Contohnya saja pada saat kita membangun sebuah bisnis namun masih dalam skala rumah tangga, lalu di hari kemudian mulai mengembangkan menjadi skala industri menengah hingga besar.

Jika anda tidak mampu mengembangkan usaha yang sudah di bangun maka pendapatan yang di miliki akan tetap tanpa kenaikan.

7. Bersifat ide kreatif dan inovatif.

Ciri – ciri peluang usaha yang potensial selanjutnya adalah memiliki produk yang beda atau original.

Biasanya produk yang baik jarang meniru atau plagiat dari produk yang telah ada dari kompetitor.

Untuk menciptakan produk yang original maka buatlah barang yang beda serta memiliki keunikan tersendiri dari yang lainnya.

8. Usaha mampu beradaptasi dengan cepat.

Penyesuaian atau mampu beradaptasi dengan kondisi baru pada sebuah usaha yang di jalankan merupakan salah satu ciri peluang usaha yang bagus.

Umumnya sebuah usaha yang sudah berjalan bertahun tahun akan berbeda kondisinya dengan yang baru mulai membangun.

Oleh karena itu penyesuaian atau adaptasi yang baik mampu memberikan dampak positif pada usaha yang di bangun.

Untuk mengetahui sebuah usaha memiliki tingkat adaptasi yang baik adalah dengan cara menguji kelayakan sebelum menjalankannya.

Kelayakan bisnis mampu di terawang dengan cara membandingkan tujuan dengan hasil yang diperoleh.

Jika usaha yang anda bangun tidak mampu menggapai tujuan utama, maka perlu melakukan evaluasi usaha agar dapat mencegah potensi kegagalan.

9. Di butuhkan oleh masyarakat.

Salah satu ciri – ciri sebuah peluang usaha yang potensial untuk anda jalankan adalah selalu di butuhkan masyarakat atau menjadi kebutuhan pokok.

Akan mudah untuk menemukan jalan kesuksesan apabila menjual atau memberikan sebuah jasa yang selalu di butuhkan oleh semua orang.

Selain itu jenis usaha yang mampu memberikan kebutuhan bagi banyak orang cenderung akan mampu bertahan lebih lama.

Semakin banyak orang yang butuh akan sebuah produk atau barang maka potensi kesuksesan yang akan kita dapatkan besar.

Salah satu contoh peluang usaha yang di butuhkan banyak orang adalah, jualan sembako, jasa tukang cukur, dokter, dan masih banyak lagi.

10. Potensi kerugian usaha yang kecil.

Semua orang yang menjalankan sebuah usaha pasti tidak mau jika mengalami kerugian.

Kerugian pasti bisa menghampiri siapa saja, namun banyak cara untuk menghindarinya salah satunya adalah dengan melakukan strategi usaha yang baik.

Jika anda tidak ingin mengalami resiko usaha kerugian yang besar dan menyebabkan kegagalan usaha.

Maka sebelum membangun bisnis pastikan resiko kerugian yang akan di terima sedikit bahkan tidak ada.

Lalu apakah ada usaha yang tanpa resiko atau kecil resiko? Ada salah satu usaha tersebut adalah menjalankan dropship.

11. Stok produk selalu tersedia dengan harga terjangkau.

Barang atau produk bagus memang banyak namun jika stok yang dimiliki sedikit namun jumlah peminatnya banyak maka akan kurang baik usaha tersebut.

Semuanya harus di samakan antara kualitas produk, harga, serta stok barang. Apabila aspek tersebut lengkap maka termasuk ke dalam ciri-ciri peluang usaha yang baik.

12. Memiliki kelayakan usaha.

Tidak jarang para pengusaha yang mengabaikan aspek kelayakan usaha pada bisnis yang mereka jalankan, padahal hal ini penting untuk di perhatikan.

Sebelum membangun sebuah usaha cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu apakah bisnis tersebut layak untuk di bangun atau tidak.

Untuk mengetahui sebuah usaha tersebut memiliki tingkat visibilitas atau usaha yang layak maka bisa melakukan pengujian secara langsung ke pasar.

13. Memiliki passion pada usaha tersebut.

Usaha yang di jalankan berdasarkan niat serta passion atau kemampuan yang ada cenderung berjalan sukses.

Tidak jarang banyak seorang pengusaha yang mengalami kebangkrutan atau kegagalan karena dalam menjalankan usahanya tidak di barengi dengan niatan serta kemampuan yang dimiliki.

Menjalankan usaha dengan dilandasi passion atau kemampuan yang dimiliki maka hasilnya akan maksimal.

Maka dari itu sebelum membangun bisnis pastikan kemampuan anda cocok dengan pekerjaan yang akan di mulai.

14. Memiliki kelebihan daripada kompetitor.

Memiliki kelebihan di bandingkan dengan pesaing menjadi kunci dari kesuksesan sebuah usaha, kelebihan tersebut bisa meliputi.

Kualitas produk lebih unggul artinya lebih menarik, desain lebih bagus, serta keawetan yang panjang.

~ Desain menarik dan tampil beda, segment pasar yang bisa di incar adalah produk fashion, otomotif.

~ Harga yang lebih murah atau terjangkau.

~ Pelayanan terhadap pelanggan lebih baik dan maksimal.Tapi kenyataannya saat ini sulit untuk memaksimalkan produk terlebih perang harga yang di lakukan pesaing membuat persaingan semakin ketat.

Maka salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersbut adalah dengan mempromosikan produk di media sosial dengan tampilan yang menarik serta tawaran yang unik.

15. Sulit ditiru kompetitor.

Sebuah produk yang tidak mudah di tiru oleh pesaing merupakan salah satu ciri – ciri peluang usaha yang baik untuk di jalankan.

Banyak orang yang berfikir untuk membuat sebuah produk yang sulit di tiru bukan bisnis yang butuh teknologi tinggi, tenaga profesional dan modal super besar.

Salah satu contoh peluang usaha yang bisa anda modifikasi adalah kuliner atau makanan. Jika anda pintar modifikasi maka hasilnya akan menjanjikan.

16. Memiliki brand yang ternama atau kuat.

Coba kita perhatikan perusahaan yang memiliki brand atau merk terkenal pasti lebih di kenal atau di terima di masyarakat.

Dengan memiliki brand terkenal memiliki nilai lebih bagi kita yang ingin menjalankan usaha tersebut.

Untuk mendapatkan brand yang kuat maka harus mempromosikan ke masyarakat luas agar dapat mudah di kenal dan di terima.

Apabila anda tidak memiliki modal untuk mempromosikan brand yang dimiliki, maka bisa membangun bisnis melalui franchise bersama brand yang sudah terkenal.

Dengan cara tersebut maka usaha yang anda jalankan akan ringan karena sudah mendompleng brand ternama.

17. Memberi manfaat pada banyak orang.

Ciri – ciri sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan cocok untuk anda jalankan adalah mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dalam menjalankan sebuah bisnis bukan hanya memikirkan untung serta rugi saja, namun perlu mementingkan beberapa manfaat yang akan di terima.

Anda bisa melihat beberapa faktor seperti:Apakah usaha yang anda bangun bisa bermanfaat untuk diri sendiri atau keluarga, artinya keuntungan yang di dapatkan mampu mencukupi kebutuhan.

~ Apakah produk yang kita hasilkan memberi manfaat pada konsumen atau tidak ada manfaat apapun?

~ Bagaimana proses perencanaan usaha, apakah mampu memberikan manfaat terhadap rekan bisnis atau sebaliknya?

~ Bisakah bisnis yang kita jalankan mampu menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar atau hanya mencemari lingkungan saja?

~ Manfaat yang dihasilkan bukan hanya berbicara masalah material saja, namun segi moral juga penting di perhatikan.

Kesimpulan.

Tahun seperti sekarang dalam menjalankan sebuah usaha banyak yang bisa di kerjakan jika kita memiliki niat dan kemauan tinggi.

Namun sebelum memulai sebuah usaha tentu perlu melihat ciri – ciri peluang usaha yang potensial terlebih dahulu agar nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Mungkin itu saja yang mampu saya bagikan pada anda mengenai informasi peluang usaha terbaru, jika ada pertanyaan terkait tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Bisnis Jualan Ikan Asin Raup Keuntungan Besar, Begini Caranya

6 Sumber Peluang Usaha yang Potensial Dan Cara Mengembangkannya Dengan Benar

Next
Previous

Bisnis Jualan Ikan Asin Raup Keuntungan Besar, Begini Caranya

6 Sumber Peluang Usaha yang Potensial Dan Cara Mengembangkannya Dengan Benar

Next

Tinggalkan komentar