10 Tips Cara Usaha Frozen Food Rumahan Sukses Untuk Pemula

| |

10 cara tepat memulai usaha frozen food rumahan. Hai apa kabar, masih kembali lagi bersama saya admin tambahmulyo.

Kali ini saya akan membahas tema seputar bisnis terbaru, terpanas, dan pastinya banyak di bicarakan oleh banyak orang. apa itu bisnisnya? Yups usaha frozen food.

Frozen food (makanan beku) adalah makanan yang sengaja di bekukan agar mampu di simpan dalam kondisi yang lama atau tahan lama.

Umumnya forzen food banyak di jual di supermarket, banyak jenis frozen food yang sering di jumpai contohnya nauget, daging olahan, dan bakso.

Usaha frozen food memiliki pasar yang sangat luas, terlebih gaya hidup modern seperti saat ini mendorong banyak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

Melihat hal tersebut seharusnya anda mulai bisa melirik bisnis frozen food yang menjanjikan ini, lalu bagaimana langkah untuk memulainya? simak penjelasan berikut ini.

Cara Memulai Usaha Frozen Food Agar Sukses

Pada kesempatan kali ini saya akan langsung menjelaskan bagaimana cara memulai usaha frozen food dengan benar.

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah, memilih akan menjual produk frozen food milik orang lain atau membuatnya sendiri.

tips bisnis frozen food rumahan untuk pemula yang menjanjikan
tips bisnis frozen food rumahan untuk pemula yang menjanjikan

Karena terdapat beberapa kemitraan usaha frozen food yang ada di sekitar kita, tinggal kita memilih metode mana yang akan anda pakai.

Jika anda memasarkan produk usaha frozez food milik orang berarti anda metode reseller atau menjual ulang produk orang lain.

Jika anda sudah menentukanya silahkan simak kelanjutan peluang usaha frozen food makanan beku, dibawah ini:

1. Menentukan Barang yang Akan Dipasarkan.

anda harus memilih dulu produk seperti apa yang akan anda jual. Langkah awal saat memulai usaha frozen food yaitu anda harus teliti dalam memilih produk yang akan dipasarkan ke pasar.

Contoh produk yang bisa anda coba seperti frozen food goreng, bakar, fiesta, bakso, dan asih banyak lagi yang lainnya.

Pasti anda bingung apakah hal ini penting ?Hal tersebut sangatlah berpengaruh, karena selera konsumen itu tidak semuanya sama jadi anda harus pintar dalam memilih produknya.

Jika anda tepat dalam pemilihan produk, maka pendapatan penjualan akan besar dan penghasilan pun menjanjikan untuk bisnis ini.

Anda dapat memasarkan frozen food kedalam kemasan atau makanan siap saji. Contohnya menjual berbagai macam makanan dan jajanan bakar.

2. Memikirkan Modal.

Memikirkan modal merupakan aspek paling penting dan vital saat membangun usaha baru. Karena modal menjadi pondasi utama berdirinya suatu usaha, jika kita tidak memiliki modal otomatis usaha yang kita bangun kurang maksimal.

Akan tetapi ada bisnis yang tidak memerlukan modal, dan bisnis ini juga cukup menjanjikan contohnya adalah dropship.

Frozen food membutuhkan freezer serta alat packaging yang kedap udara. Apabila anda belum memiliki alat ini, bisa dengan meminjam ke bank akan tetapi saran saya jangan pinjam ke bank karena resiko yang akan anda tanggung sangatlah besar.

Terdapat berbagai macam program yang dikhususkan untuk pebisnis baru yang tersedia di berbagai macam BANK. Nah apabila tidak memiliki modal dan belum berani hutang bagaimana?

Ini mudah sekali, anda tinggal membaca artikel ini sampai selesai pasti akan menemukan caranya.

3. Memilih Peralatan.

Usaha makanan frozen itu bisnis simpel, sederhana, tapi jangan anggap remeh modal awalnya.

Anda membutuhkan freezer dan alat pembungkus (pengemas) yang lumayan harganya jika kantongmu kering.

Hal ini bisa anda akali dengan memaksimalkan alat menyesuaikan keuangan dengan jenis peralatan.

Apabila anda kekurangan dana, anda bisa menitipkan frozen foods buatan ke restoran atau minimarket. Caranya anda bisa berbagi hasil dengan pemilik restoran tersebut.

4. Metode Pemasaran.

Langkah selanjutnya yaitu pemilihan metode pemasaran. Contohnya saja bagaimana anda akan mempromosikan produk kepada calon konsumen anda.

Terdapat berbagai metode pemasaran, anda bisa memaksimalkan media socsal atau market place yang banyak tersedia di internet.

Metode pemasaran yang cukup ampuh adalah dengan mulut ke mulut, artinya pemasaran langsung melalui orang yang kita kenal lalu menyuruhnya untuk menyebarkannya.

5. Memasarkan Produk Usaha Frozen Food Di Media Sosial.

Nah untuk langkah kali ini, kita fokus memasarkan usaha frozen food ini di media sosial atau online.

Kelebihan menjalankan bisnis frozen food adalah produk ini dapat bertahan lebih dari satu hari. Nah kelebihan ini bisa anda maksimal kan dengan menjualnya ke luar kabupaten atau kota anda.

Memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Facebook, instagram, tweter untuk meluaskan promosi pemasaran adalah cara yang sangat baik.

6. Mendapatkan Lisensi Makanan.

Dalam membangun sebuah usaha, khususnya di bidang makanan.

Mendapatkan lisensi makanan merupakan hal yang sangat penting, karena berkaitan dengan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen apakah makanan yang dikonsumsinnya aman atau tidak.

Untuk perizinan makanan selain daging, anda tinggal ke dinas perindustrian setempat atau PIRT saja.

Akan berbeda lagi persyaratan perizinanya jika barang yang dijual adalah daging, anda wajib mengurus ke BPOM juga.

Kendala nya adalah biaya yang dikeluarkan cukup banyak untuk perizinan daging. Jangan pernah mengabaikan lisensi ya bro, karena ini penting untuk kelancaran dari usaha anda.

7. Tambah Networking dan Teman.

Menabah jaringan dan teman adalah salah satu metode pemasaran usaha frozen food ini. Coba anda tawarkan frozen food buatan kamu ke club atau suatu komunitas, apabila banyak yang mengetahui produk kamu maka potensi laris akan semakin besar.

Hal penting juga, saat anda bisa mempromosikan frozen food buatan kamu sendiri  ke pasar tradisional  atau supermarket. Karena disana banyak sekali orang suka mengkonsumsi frozen foods.

8. Distributor atau Reseller.

Apabila anda belum memiliki mental untuk membuka cabang usaha frozen food, anda dapat menjalankan bisnis usaha frozen foods menggunakan metode reseller atau menjual ulang produk orang lain.

Langkah awal yang harus anda lakukan jika ingin melakukan usaha reseller frozen foods adalah mencari supplier atau pemasok yang besar dan memiliki harga yang tidak mahal.

Keuntungan menjadi seorang reseller adalah anda tidak mempunyai resiko yang besar, karena anda bukan pekerja namun hanyalah seorang pengusaha biasa.

9. Waralaba bisnis frozen food. Apakah Menguntungkan?

Bisnis Waralaba saat ini banyak sekali modelnya dan tersebar dimana-mana. Sudah banyak orang yang membuktikan bisa sukses melalui bisnis waralaba frozen food.

Perbedaan mengenai waralaba dan distributor adalah jika waralaba menjual khusus produk usaha frozen foods milik anda, kalau distributor menjual produk anda dan produk lainya.

Nah tinggal anda sendiri yang akan memilih metode mana yang cocok untuk anda.

10. Unik, Kreatif dan Nilai tambah.

Apabila kita hanya bergantung menjual barang seperti frozen food bakar atau fiesta sama jenisnya seperti di indomart, maka cara ini sangatlah lama karena hanya menunggu pembeli.

Bisnis yang anda jalankan akan susah untuk maju. Oleh karena itu anda harus pintar dalam membuat kreasi dan inovasi membuat produk frozen foods. Usahakan jangan sama persis dengan yang ada di pasaran.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan mengenai cara memulai bisnis frozen food dengan mudah. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas anda bisa berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Previous

Analisis Swot Sukses Usaha Kue Kering yang Menjanjikan

Kelebihan dan Kelemahan Menjalankan Bisnis Frozen Food

Next
Previous

Analisis Swot Sukses Usaha Kue Kering yang Menjanjikan

Kelebihan dan Kelemahan Menjalankan Bisnis Frozen Food

Next

Tinggalkan komentar