10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan

Jenis burung sangatlah beragam di dunia ada yang cantik bahkan ada burung mengerikan yang mampu merusak lingkungan. Tetapi sifat ancaman nya bisa sedikit berbeda dari yang diharapkan.

Hari ini, saya akan membahas tuntas mengenai 10 spesies burung yang dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan alami.

10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan
10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan

Kemampuan mereka untuk menyebabkan kerusakan umumnya disebabkan oleh pengenalan atau bantuan manusia ditambah dengan kecenderungan dan adaptasi alami agresif mereka.

10 Spesies Burung Terseram yang Mampu Merusak Lingkungan Manusia

10. European starling.

Starling eropa sengaja dibawa dari eropa ke amerika utara dan itu adalah kesalahan besar. Burung mengerikan yang satu ini menjadi ancaman paling serius terhadap lingkungan di amerika utara.

10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan

Burung european starling telah memusnahkan populasi burung bluebird, burung pelatuk, dan burung walet. Bukan hanya itu saja burung ini juga merusak kebun buah-buahan dan ladang pertanian.

Sarangnya yang besar dan berantakan juga dianggap sebagai bahaya kebakaran ketika burung yang tak kenal selalu merebut bangunan manusia.

200 juta burung european starling yang mengejutkan diperkirakan tinggal di amerika utara, memungkinkan kerusakan yang mereka timbulkan terjadi dalam skala besar.

Burung bluebird, pelatuk, dan burung lokal, sering kali menjadi korban jalak yang paling menderita saat mereka memaksa keluar dari sarangnya.

9. House sparrow.

Sebagai pembunuh kecil yang memakan burung-burung asli, house sparrow mendiami taman – taman, dan lanskap pertanian, serta jalanan perkotaan.

Burung itu terkenal di dunia lama oleh para pemukiman nostalgia yang merindukan keberadaannya mencari makan dan berkicau, tetapi ini terbukti menjadi bencana pada saat kedatangannya.

House sparrow

Populasi burung bluebird yang di senangi banyak orang mulai menyusut, hal ini di sebabkan karena populasi mereka terganggu oleh house sparrow.

house sparrow mungkin bukan karnivora, tetapi mereka adalah berita buruk bagi para spesies burung lainnya karena merusak sarang.

House sparow adalah salah satu pendorong utama penurunan spesies bluebird asli yang menurun di seluruh amerika utara.

8. Canada goose.

Angsa kanada menghadirkan masalah. Di satu sisi, spesies ini berasal dari amerika utara. Namun burung-burung itu merambah daerah-daerah pemukiman dalam jumlah besar yang tidak wajar dan untuk jangka waktu yang lama.

Pengenalan subspesies yang lebih besar dari angsa kanada di luar kisaran normal juga telah menyebabkan masalah invasi serius.

Canada goose

Angsa kanaca merupakan ancaman yang paling serius bagi keselamatan manusia dan lingkungan.

Spesies yang satu ini bertanggung jawab atas sekitar 35 persen tabrakan pesawat yang di akibatkan oleh burung setiap tahun, menurut faa.

Pendaratan darurat sebuah pesawat di sungai hudson dan kecelakaan fatal di alaska yang menewaskan 24 orang disebabkan oleh angsa kanada.

Orang sering tidak menyadari bahwa kehadiran goose kanada secara artifisial didorong oleh penciptaan habitat yang tidak disengaja di daerah perkotaan dan pertanian, yang menyebabkan overpopulasi.

7. Mute swan.

Mute swans adalah burung asli eropa dan asia tetapi diperkenalkan secara luas di seluruh dunia.

Dikenal memiliki disposisi buruk ketika berhadapan, mute swans muncul hampir di mana saja, mereka bersaing dengan angsa migrasi asli, mengganggu unggas air lainnya dan menjarah vegetasi perairan.

Mute swan

Mereka juga dapat menyebabkan cedera serius pada manusia, seandainya konflik terjadi di taman.

Lahan basah merupakan rumah bagi beragam spesies asli yang bergantung pada tanaman air, seperti rumput laut di rusak oleh  mute swan. Mengapa mute swan ada banyak di amerika utara?

Karena perkenalan yang terjadi pada 1800-an dan 1900-an yang membawa burung-burung dari eropa dan asia timur banyak berkembang biak biak di sana.

6. Mallard.

Bebek klasik dan leluhur dari bebek peternakan lokal, mallard adalah unggas asli yang berasal dari amerika utara, amerika selatan, eropa, asia dan afrika utara.

Pejantan dari unggas mallard berkepala hijau adalah penyebab utama, karena mereka secara agresif kawin dengan betina itik berkicau asli, yang menyebabkan berkurangnya spesies yang menjadi perhatian konservasi.

Mallard

Selain itu, bebek yang diperkenalkan lebih agresif ini dapat mengalahkan spesies asli untuk mencari makan.

Mallard menjadi spesies invasi dan kepedulian vektor patogen sebagai pembawa flu burung, dan dianggap sebagai penyebab potensial pandemi.

5. Rock pigeon.

Serangan pesawat terbang dan perpindahan spesies asli adalah beberapa hasil dari masalah besar rock pigeon.

Spesies yang dikenal sebagai merpati kota atau merpati liar, di amerika serikat saja, burung-burung itu menyebabkan kehancuran perkotaan sebesar $ 1,1 miliar setiap tahun.

Melepaskan kotoran yang mencemari daerah perkotaan dan menyebabkan kerusakan asam pada bangunan.

Rock pigeon

Lebih jauh, burung-burung tersebut merusak pertanian karena gandum yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia dapat terkontaminasi oleh kawanan merpati yang tidak dapat diperbaiki.

Merpati rock dapat membawa penyakit ornithosis dan menyebarkan salmonella, ensefalitis, kriptosis, toksoplasmosis serta menampung parasit jahat seperti kutu dan tungau yang selanjutnya memengaruhi kesehatan manusia.

Merpati batu kerap kali membuat beberapa kecelakaan pesawat di seluruh dunia, dengan cara masuk ke dalam baling-baling jet pesawat.

Burung ini menimbulkan ancaman kepunahan terhadap spesies asli langka seperti galapagos dove, membawa penyakit trichomonas gallinae, yang dapat membunuh burung asli yang langka serta merusak spesies lainya.

4. American crow.

Gagak dapat merusak lingkungan ketika mereka keluar dari sarangnya. Gagak merupakan salah satu hewan pintar di dunia dan memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Ketangkasan dan kemampuan intelektual mereka, ditambah dengan kemampuan beradaptasi dan agresi, membaca masalah bagi banyak spesies asli, petani, dan penduduk kota yang sama.

American crow

Kelompok rock pigeon, yang dikenal sebagai pembunuhan, dapat menyebarkan penyakit unggas seperti virus west nile saat menjarah tanaman dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Rock pigeon juga mampu merusak ternak kecil serta perkebunan manusia. evolusi habitat manusia telah meningkatkan jumlah gagak , dan meningkatkan rasio habitat.

Di sisi lain habitat rock pigeon yang telah banyak memungkinkan gagak untuk menyerang sarang burung dengan mudah.

Pada saat yang sama, evolusi habitat yang meningkatkan limbah tanaman, dan keberadaan sampah yang tidak aman dan makanan yang dibuang, dapat menarik gagak untuk berkumpul, yang memungkinkan mereka meningkatkan akses ke mangsa.

3. Common grackle.

Berasal dari amerika utara, common grackle adalah burung penyanyi besar yang memakan apa saja. Mengapa itu menjadi masalah?

Evolusi lingkungan manusia telah meningkatkan peluang makan dan bersarang bagi burung-burung grackle.

Common grackle

Memungkinkan mereka untuk menaklukkan wilayah baru dan mendapatkan akses yang lebih dalam ke daerah-daerah alami, di mana mereka dapat memakan spesies burung asli lain, dan menjarah tanaman.

burung-burung juga dapat membuang kotoran dalam jumlah besar di daerah perkotaan, mencuri makanan di luar restoran, menyerang pelanggan dan bahkan menggerombol manusia dalam kelompok ketika sarang mereka dijaga.

Kelompok grackle sering disebut sebagai “wabah” grackle dan dapat menimbulkan kerusakan yang signifikan ketika mereka makan di perkebunan.

2. Red-billed quelea.

Seekor hama pertanian unggas dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, red-billed quelea seperti burung pipit kecil yang banyak berkembang di benua afrika.

Ekspansi pertanian manusia, yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan yang lebih besar karena meningkatnya banyak bahan makanan untuk spesies burung ini. Red-billed quelea banyak tersebar luas ini di dunia, dengan populasi 1,5 miliar.

Red-billed quelea

Metode pengendalian yang sering digunakan terhadap spesies ini termasuk pengeboman api dan semprotan kimia, dengan dampak pada pertanian menjadi sangat luar biasa.

1. Brown-headed cowbird.

Spesies burung ini banyak tersebar di benua amerika, eropa, dan asia. Brown-headed cowbird merupakan salah satu jenis yang berbahaya, karena ulah burung ini mampu merusak habitat burung lain.

Brown-headed cowbird

Bukan hanya itu, mereka juga terkenal licik dan cerdas karena tidak mau merawat anaknya. Burung brown-headed cowbird mencoba menitipkan telur nya secara diam-diam ke sarang burung lain.

Yang nantinya telur tersebut di rawat oleh burung tersebut, namun anakan burung brown-headed cowbird juga mencoba membunuh dari telur burung aslinya.

Sangat mengerikan memang, karena burung ini terkenal dengan perusak populasi burung lain dengan cara yang licik.

Mungkin itu saja pembahasan dari saya mengenai 10 spesies burung mengerikan yang merusak lingkungan. jika ada pertanyaan terkait tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini terima kasih.

Tinggalkan komentar