10 Hewan Unik dan Langka Di Dunia Tanpa Mata

| |

Mata merupakan salah satu indra yang sangat penting di tubuh, tetapi untuk beragam spesies yang khusus tidak memilikinya.

kali ini saya akan membahas hewan unik dan langka di dunia yang tidak memiliki mata pada tubuh mereka, dan mampu melalui cara hidup seperti atrofi dalam perjalanan evolusi.

10 Hewan Unik dan Langka Di Dunia Tanpa Mata
10 Hewan Unik dan Langka Di Dunia Tanpa Mata

ada aturan alam jika tidak berguna, jatuhkan! Mata hilang pada tumbuh makhluk aneh yang beradaptasi dengan dunia gelap yang mereka tempati.

10 Hewan Unik yang Bisa Bertahan Hidup Tanpa Mata

10. Crayfish cave blind.

Bayangkan lobster hidup dalam kegelapan di dasar laut, pastinya anda akan memiliki gambaran yang realistis dari spesies lobster gua buta.

Hewan-hewan yang dikenal sebagai lobster di amerika utara adalah kerabat dekat lobster laut dan memiliki penampilan yang sangat mirip dengan lobster yang sering kita makan di restoran.

Ketika udang karang beradaptasi dengan ekosistem akuatik bawah laut, mereka berubah menjadi putih pucat.

Selain itu penampilan seperti hantu, tidak lagi perlu menginvestasikan energi apa pun dalam mempertahankan pigmen atau penglihatan.

16 agustus 1999 penemuan spesies udang karang buta lainnya di ozark, lobster tersebut memiliki tubuh pucat dan beradaptasi dengan kehidupan gua yang gelap dan menyeramkan.

Gua yang gelap, berlumpur, dan tergenang menjadi tempat spesies baru berada di kawasan lindung.

Spesies lain yang lebih dikenal dari lobster gua buta seperti cambarus cryptodytes memberikan gambaran mengenai ekologi hewan-hewan ini.

9. Blind deep sea lobster.

Dasar laut menyembunyikan makhluk dalam kegelapan, jauh dari jangkauan matahari. Dan di kedalaman kita menemukan lobster laut dalam buta .

Ini adalah penemuan spesies yang cukup baru dari kedalaman 984 kaki di laut filipina. Tidak hanya buta, makhluk pucat ini memiliki tubuh yang menyeramkan serta capit panjang yang memudahkan saat mengambil makanan.

Spesies lobster biasa memiliki capit yang menyeramkan, satu lebih tebal untuk dihancurkan dan satu lebih tipis untuk diiris.

Lobster laut dalam buta memiliki capit yang tidak sebanding satu sama lain, yang satu jauh lebih panjang daripada yang lain. Capit nya memiliki panjang hampir panjang seluruh tubuh lobster.

Tidak hanya dua capit lobster yang tangguh, mereka dipenuhi dengan “duri” yang menakutkan dari depan ke belakang.

Spesies ini ditemukan selama ekspedisi kehidupan laut dan kemudian diberi nama ilmiah dinochelus ausubeli untuk menghormati jesse ausubel, yang ikut mendirikan siklus kehidupan laut.

Penampilan hantu makhluk merah muda dan berbayang putih dibuat jauh lebih menyeramkan dengan tidak adanya mata.

8. Texas blind salamander.

Tampak seperti hantu dengan insang, salamander buta texas berevolusi secara baik di lingkungan bawah laut nya yang terbatas cahaya, seperti di sebuah gua yang penuh air dari edwards aquifer di hays county, texas.

Tempat salamander ada mungkin gelap, tetapi kualitas airnya sangat tinggi.

Kurangnya pigmen menghasilkan warna putih pucat, sementara insang yang lebih panjang memungkinkan bernapas di bawah air menjadi lebih baik.

Tumbuh panjang hingga 5,5 inci, texas blind salamander berukuran lumayan besar, sedangkan tingkat atrofi yang terlihat di mata spesies ini luar biasa.

Makhluk itu hanya memiliki dua bintik kecil yang ada di bawah kulit, berkat regresi evolusi.

Sebagai salamander membuat jalannya di lingkungan yang gelap, makanan kadang-kadang langka tetapi sekali menemukan makanan bergizi.

Meskipun tidak memiliki mata, pemangsa juga memiliki sedikit peluang setelah terdeteksi.

Salamander buta dapat mengetahui kapan seekor udang, siput, atau serangga yang tidak beruntung mempengaruhi tekanan air di sekitarnya, melacak pergerakan dan menangkap ikan.

7. Mexican tetra.

Dikenal sebagai ikan gua buta, tetra meksiko ( astyanax mexicanus ) terlihat seperti ikan kecil yang menarik dan normal dalam bentuknya, meskipun versi aneh tanpa mata fungsional.

Tetra meksiko sebenarnya adalah kerabat jauh dari piranha terkenal dari amazon dan juga secara genetik terkait dengan ikan akuarium yang pernah populer, neon tetra.

Meskipun menjadi salah satu makhluk air paling eksotis dan aneh yang dikenal, tetra meksiko menjadi lebih akrab dari waktu ke waktu karena meningkatnya popularitas mereka sebagai ikan hias.

6. Speleonectes: eyeless, fanged crustaceans.

Tabung lava mungkin merupakan lingkungan ekstrem yang merupakan sisa-sisa eksotis dari aktivitas gunung berapi di masa lalu dan tetap sebagai situs peristiwa vulkanik saat ini.

Dalam beberapa tabung lava, krustasea aneh dan tanpa mata ditemukan mencari kehidupan di lingkungan bawah laut yang gelap.

Dalam gelap gulita gua terendam vulkanik dari kepulauan canary, dua spesies speleonectis (“perenang gua”) ditemukan.

Di kegelapan pekat, krustasea merupakan kerabat jauh lobster, kepiting dan udang tidak melihat mangsanya tetapi tetap bisa berburu dengan menyuntikkan racun melalui taring menakutkan mereka.

Gua tempat spesies asli speleonectis ditemukan di ” tunel de la atlántida,” yang diterjemahkan menjadi “terowongan ke atlantis.”

Speleonectes atlantida, nama ilmiah dari spesies baru (yang lebih aktif secara fisik daripada spesies speleonectes asli yang ditemukan) adalah “perenang gua atlantis” dalam bahasa inggris.

Penemuan ini dipublikasikan di marine biodiversity. Tes dna digunakan untuk mengkonfirmasi variasi antara kedua spesies speleonectes.

5. Blind spider.

laba – laba cukup menakutkan, tetapi bagaimana dengan laba-laba bawah tanah tanpa mata?

Nah, ilmuwan jerman peter jäger memiliki pengalaman berbeda dalam menemukan laba-laba pemburu besar tanpa mata yang disembunyikan di sebuah gua di negara asia tenggara, laos pada tahun 2012.

Ada 1.100 spesies pemburu laba-laba berkeliaran di dunia, dan penemuan gua sinopoda paling mengejutkan.

Scurion sangat penting mengingat bahwa spesies ini adalah satu-satunya spesies laba-laba pemburu tanpa mata yang diketahui ilmu pengetahuan.

4. Cryptotora thamicola.

Cryptotora thamicola merupakan seekor ikan buta cukup menarik. Sebuah hal baru yang menarik perhatian peneliti, cryptotora thamicola ditemukan di thailand di sebuah perairan yang sangat dangkal dalam kegelapan.

Ikan ini mungkin tidak memiliki mata, tetapi mereka memegang indra perasaan yang sangat peka pada keadaan sekitar.

Dilengkapi dengan ” superfins ,” cryptotora thamicola tidak hanya bergerak melalui air dangkal kedalaman kurang dari setengah inci, tetapi dapat berenang di air terjun kecil saat bergerak di lingkungan bawah tanah.

3. Blind scorpions.

Kalajengking cukup menakutkan, tetapi seberapa anehnya melihat kalajengking tetapi tidak memiliki mata. Kalajengking tanpa mata adalah spesies yang langka, spesies ini bayak tersebar di daerah meksiko.

Typhlochactus adalah satu-satunya gen kalajengking yang tidak memiliki mata. Pada tahun 1968, typhlochactus sylvestris ditemukan di daerah pegunungan meksiko, tempat ia bersembunyi dan berburu di lingkungan yang gelap.

Kalajengking mungkin tidak memiliki mata, tetapi mereka mampu adaptasi dengan baik pada lingkungan yang ekstrim.

Tiga spesies kalajengking tak dikenal lainnya diketahui buta karena alasan berbeda, menjadi penghuni gua-gua gelap tempat mereka mencari mangsa secara oportunistik.

2. Martialis heureka.

Semut mungkin tampak biasa, tetapi martialis heureka adalah spesies semut aneh yang memikat ahli biologi terkenal edward o. Wilson.

Merupakan seorang ilmuwan yang dikenal karena mempopulerkan kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati dalam sistem alam.

martialis heureka adalah spesies semut buta dari wilayah hutan hujan amazon brasil, dekat dengan manausia.

Semut itu sangat aneh, tidak memiliki mata dan beradaptasi penuh untuk gaya hidup lingkungan yang gelap, sehingga wilson dan rekan peneliti menyatakan bahwa makhluk itu harusnya bisa bertahan di planet mars .

1. Florida worm lizard.

Kadal bukan hanya makhluk hijau berkaki empat yang merangkak di sekitar cabang pohon, batu, dan kebun.

Ada berbagai spesies kadal buta. Ada banyak spesies yang meluncur, seperti ular melalui pasir, tanah, dan lingkungan bawah permukaan gelap lainnya, merasakan mangsanya melalui cara non-visual.

rhineura floridana merupakan salah satu spesies kadal yang tidak memiliki indra penglihatan atau mata.

Kehidupan hewan ini berada di bawah tanah, merangkak menembus tanah dalam kegelapan total, lebih disukai di tanah berpasir. Dalam kondisi seperti itu, mata dan telinga akan menjadi cacat.

Florida worm lizard tidak dianggap sebagai ular, tetapi kemiripan nya jelas karena tidak memiliki kaki seperti reptile pada umumnya.

Mereka juga bukan kadal sejati, tetapi merupakan kelompok reptil yang disebut amphisbaenid, dengan karakteristik genetik dan keanehan fisik.

Ketika banjir terjadi, florida worm lizard mungkin muncul di halaman rumah anda atau kebun-kebun.

Mungkin itu saja pembahasan dari saya mengenai 10 Spesies Hewan Unik dan Langka Di Dunia Tanpa Mata yang Luar Biasa. Jika ada pertanyaan terkait tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan

Next
Previous

Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

10 Spesies Burung Mengerikan yang Merusak Lingkungan

Next

Tinggalkan komentar