10 Hewan Tercepat di Dunia yang Belum Anda Ketahui

| |

Ternyata selama ini cheetah bukanlah hewan tercepat di dunia, namun ada beberapa hewan di dunia ini yang sanggup mengalahkannya.

Kebanyakan dari kita hanya mengenal beberapa hewan saja yang memiliki kecepatan bergerak atau berlari di atas rata-rata.

Padahal masih tersimpan banyak misteri di dunia ini mengenai hewan-hewan yang mampu berlari atau bergerak dengan kecepatan tinggi.

10 Hewan Tercepat di Dunia yang Belum Anda Ketahui
10 Hewan Tercepat di Dunia yang Belum Anda Ketahui

Lalu hewan apa sajakah yang mampu mengalahkan cheetah atau macan tutul? Berikut ini penjelasannya.

Bukan Cheetah, Inilah Daftar 10 Hewan Tercepat Di Dunia

1. Kelelawar Ekor Meksiko (Mexican Free-tailed Bat).

Apakah selama ini kalian mengira cheetah merupakan hewan tercepat di dunia? Pendapat tersebut merupakan hal yang salah, hal Ini mungkin memegang rekor kecepatan darat.

Namun mamalia tercepat sebenarnya adalah kelelawar. Kelelawar Ekor Meksiko dapat mencapai 100 mil per jam saat mengejar serangga dan menghindari pemburu yang mematikan, seperti elang.

hewan tercepat di udara

Awalnya para ilmuan mengukur kecepatan mencapai sekitar 59 mil per jam, kelelawar ditemukan mampu mencapai 100 mil per jam berkat penelitian yang paling baru pada 2016 melalui University of Tennessee.

Rasio aspek tinggi, yang berarti sayap kelelawar ini panjang namun tipis, sangat membantu dalam penerbangan kelelawar.

Kecepatan yang dihasilkan dari kekuatan hentakan sayap, bukan lompatan atau angin yang mendorong.

Umumnya kelelawar ekor meksiko memakan serangga di ketinggian lebih tinggi daripada banyak kelelawar biasa.

Hal ini memungkinkan Kelelawar Ekor Meksiko untuk berburu dengan kecepatan tinggi tanpa risiko tabrakan dengan benda-benda tinggi atau tanah.

kelelawar meksiko menjasdi salah satu hewan tercepat di udara selain elang dan burung falcon.

2. Black Marlin (ikan marlin).

Tahukah anda jika Ikan tercepat di dunia merupakan Black Marlin, ikan ini memiliki bentuk yang sangat besar, berotot, dan ramping, dan apa itu ikan.

Dilengkapi dengan paruh tajam dan runcing, marlin hitam sudah di ketahui memiliki kecepatan 80 mil per jam.

Black marlin di sebut-sebut sebagai hewan tercepat di air saat ini, bahkan mengalahkan hiu atau ikan bara kuda.

hewan tercepat di air

Kecepatan yang di hasilkan oleh ikan marlin berasal dari bentuk tubuhnya yang proporsional untuk melawan arus laut.

Bukan hanya itu saja, di ketahui kalau ikan black marlin memiliki julukan pesawat jet laut karena kecepatan bergerak yang sangat mengesankan.

3. Peregrine Falcon.

Makhluk hidup tercepat yang selanjutnya adalah elang peregrine.

Burung falcon memiliki tubuh yang kokoh serta kecepatan yang sangat tinggi, hal ini menjadikan burung ini sebagai pemburu yang sangat handal.

hewan tercepat di udara

Menyapu mangsanya dan mencengkram tubuh korban dengan cakar yang kuat dengan tabrakan yang terkendali.

Peregrine Falcon  sangat menakutkan karna lebih cepat daripada banyak pesawat terbang yang ada.

Burung ini mampu mencapai 242 mil per jam (atau 389 kilometer per jam). Ada sekitar 10.000 spesies burung di dunia, dan spesies burung yang satu ini, yang merupakan 0,001 persen burung, telah memakan hampir 10 persen dari jenis burung di dunia.

Adaptasi lubang hidung khusus memungkinkan Peregrine Falcon untuk bergerak cepat sambil bisa bernapas.

Ketika peregrine melakukan kontak dengan mangsa, dampak dari tulang dada tajam dan kuat burung memberikan dampak fatal.

4. Plough Snail (siput bajak).

Benarkah kalau ada siput tercepat di dunia? Jangan kaget, karena ada spesies siput yang mampu bergerak cepat di atas rata-rata kecepatan siput lainnya.

hewan tercepat di dunia

Meskipun terkenal karena bergerak lambat, siput sebenarnya memiliki kecepatan bergerak yang kadang belum di ketahui oleh manusia.

Siput Bajak Akuatik air berselancar seperti surfer manusia, menggunakan kakinya yang besar untuk menangkap ombak.

Setelah menangkap mangsanya, siput merenggut nya dan memakannya, karena siput ini adalah pemburu, bukan pemakan ganggang.

Saat tidak berselancar, siput cepat ini bisa bergerak 1 inci per detik menggunakan kaki berotot.

Berasal dari garis pantai Afrika Selatan Selatan, Siput Bajak seperti burung nasar di laut. Sering tiba di pantai dalam kelompok besar untuk menjarah sisa-sisa kehidupan laut yang mati, mendeteksi bau daging yang membusuk.

Setelah makanan terdeteksi, siput “berselancar” dalam jangkauan makanan sebelum mencabik-cabiknya dengan alat ideal mereka, yaitu radula yang memisahkan jaringan dan serak.

5. Anjing liar afrika (African Wild Dog).

Serigala mungkin ditakuti tetapi mereka lebih lambat dibandingkan dengan anjing liar afrika yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

Anjing Liar Afrika, juga dikenal sebagai Anjing Pemburu Cape, merupakan spesies anjing unik asli Afrika yang memegang rekor anggota liar tercepat dari keluarga srigala.

hewan terceppat di darat

Anjing afrika mampu mengalahkan mangsanya jauh lebih besar dari dirinya sendiri, suatu prestasi yang tidak hanya dicapai oleh kerja tim tetapi juga kecepatan luar biasa dari anggota kelompok. Kecepatan hingga 44 mil per jam telah direkam oleh para peneliti.

Dengan strategi yang berani dan telinga seperti kelelawar, anjing-anjing itu, yang penampilannya mirip Gembala Jerman, cepat dan memiliki nyali yang kuat untuk memastikan sebagian besar mangsa memiliki kesempatan terbatas untuk melarikan diri.

Anjing afrika memfokuskan perburuan mereka sebagian besar pada kijang, selain itu anjing afrika telah berevolusi untuk berburu sebagai predator spesialis.

Anjing Liar Afrika juga dikenal sebagai “Serigala Dicat” dan merupakan spesies yang terancam punah.

6. Paus sirip (Fin Whale).

Paus tercepat di dunia juga merupakan paus terbesar kedua, dan spesies hewan terbesar kedua, di Bumi.

hewan tercepat di air

Meskipun ukuran dan kecepatan mungkin tidak diharapkan untuk berjalan beriringan, raksasa yang memiliki berat 74 ton ini adalah speedster sejati di antara paus, mengingat kecepatannya melebihi 25 mil per jam.

Paus sirip memakan organisme kecil termasuk krustasea dan ikan kecil, sebuah tren ironis di mana paus terbesar memakan mangsa yang sangat kecil melalui penyaringan baleen.

Jumlah yang hanya 100.000 di lautan dunia, Paus Sirip adalah spesies yang terancam punah karena kejadian perburuan paus.

7. Cheetah (macan tutul).

Cheetah yang terkenal, kadang-kadang disebut-sebut sebagai mamalia tercepat dari semua, memang benar namun hanya mamalia darat tercepat.

Kemampuan kucing ini luar biasa. Berasal dari Afrika dan Asia, cheetah memiliki keseimbangan yang luar biasa.

hewan terceppat di darat

Cheetah menjadi predator yang di takuti karena kemampuannya untuk menggigit dengan paksa dan korban mati lemas (mulai dari domba liar dan kambing hingga antelop) dan kelincahan yang luar biasa.

Cheetah merupakan hewan tercepat di darat yang memiliki kecepatan 70 mil per jam untuk mengejar mangsanya.

cheetah memiliki keseimbangan dan koordinasi yang mengesankan selain kecepatannya, bahkan menggunakan ekornya untuk berbelok saat mengudara dalam lompatan.

Cheetah dikenal dari Afrika, nama sebenarnya berasal dari bahasa India, Sansekerta. Kata “Chitraka” diterjemahkan menjadi “spotted one.”

Mengukur 30 inci pada ketinggian bahu, cheetah memiliki berat 75 sampai 140 pound.

8. Hiu Mako Sirip Pendek (Shortfin Mako Shark).

Pertanyaan yang mungkin diajukan oleh banyak ilmuwan adalah, hiu mana yang tercepat di dunia?

hewan tercepat di air

Shortfin Mako Shark adalah pemegang rekor di antara spesies hiu dengan tubuh ramping namun sangat berotot dan memiliki kecepatan bagaikan peluru.

Kecepatan maksimum 46 mil per jam dari hiu ini, yang terjadi dalam distribusi luas di lautan dunia termasuk perairan beriklim tropis.

Hiu dapat mencapai panjang 14,6 kaki dan berat lebih dari 1.200 pound dengan kecepatan yang sangat tinggi di dukung dengan bentuk tubuh yang proposional.

Lompatan hingga 30 kaki ke udara dapat dilakukan oleh hiu, burung laut, cumi-cumi, mamalia laut yang lebih kecil termasuk anjing laut dan lumba-lumba, hiu lain, dan penyu.

Serangan fatal terhadap manusia dan kapal dengan catatan kematian telah terjadi pada spesies ini, yang diklasifikasikan sebagai hiu tenggiri, membuatnya relatif lebih kecil dari Great White Shark yang terkenal.

9. Patas Monkey.

Secepat manusia, kita lebih lambat dari pemenang sejati dalam kategori primata tercepat di darat yaitu Monyet Patas.

Berasal dari Afrika Timur dan Barat, monyet-monyet itu besar meskipun kecepatannya sangat tinggi.

hewan terceppat di darat

Kecepatan 31 mil per jam dicapai tanpa masalah oleh monyet patas ketika mereka berjalan melintasi dataran di padang rumput dan habitat semi-gurun.

Monyet tidak hanya cepat, tetapi sangat sosial – meskipun dengan rasio gender yang sangat miring.

Makhluk hidup dalam kelompok yang dapat terdiri dari hingga 60 betina dengan hanya satu jantan untuk mayoritas setiap tahun.

Dilengkapi dengan ekor panjang untuk keseimbangan, monyet memiliki mantel emas, abu-abu, dan putih dengan beberapa aksen rambut wajah hitam yang memberikan penampilan halus namun berbeda.

10. Laba-laba Rumah Raksasa (Giant House Spider).

Laba-laba tercepat di planet ini adalah salah satu spesies yang lebih besar tetapi, bukan salah satu yang mematikan untuk manusia.

hewan tercepat di dunia

Giant House Spider yang dinamai tepat berkeliling seperti monster robot berbentuk arthropoda dengan kecepatan 1,18 kaki per detik, benar-benar mengejutkan orang-orang yang mengamatinya.

Giant House Spider mungkin tidak secara objektif cepat tetapi untuk makhluk dengan ukurannya, itu mengejutkan.

Kilasan dan kekaburan kaki adalah yang mungkin dilihat oleh penghuni rumah yang bersangkutan.

Makhluk krem dan kecokelatan tampak seperti beludru dan aslinya berasal dari habitat di Eropa, Asia Tengah, Afrika Utara, dan Pasifik Barat Laut Amerika Utara adalah rumah bagi sejumlah besar Laba-laba Raksasa.

Spesies ini di akui oleh Guinness Book of World Records karena menjadi yang tercepat di dunia sebelum digantikan oleh laba-laba matahari.

Tetapi secara teknis, laba-laba matahari bukanlah laba-laba sejati, dengan demikian Giant House Spider adalah laba-laba tercepat di dunia.

Demikian penjelasan kali ini mengenai 10 Hewan Tercepat di Dunia, Ternyata Cheetah Bukan yang Tercepat. Jangan lupa terus kunjungi blog kami, karena selalu ada pembaruan menarik seputar info-info bermanfaat untuk anda.

Previous

Apa Saja Peluang Usaha Yang Bisa Didapat Pada Tanaman Kumis Kucing?

Kumpulan Fakta Unik Tentang Kecoa yang Bikin Anda Kaget

Next
Previous

Apa Saja Peluang Usaha Yang Bisa Didapat Pada Tanaman Kumis Kucing?

Kumpulan Fakta Unik Tentang Kecoa yang Bikin Anda Kaget

Next

Tinggalkan komentar